Ditulis oleh :
Depok, STEI SEBI (12/12/11), STEI SEBI melalui kemahasiswaa bekerjasama dengan YBM BRI mengadakan trining masjid kepada para penerima beasiswa dari YBM BRI dalam rangka meningkatkan kualitas dan kapasitas SDM kemudian mampu memakmurkan masjid dan membangun perekonomian masyarakat yang berbasis masjid. Program beasiswa kader surau ini merupakan program baru yang digulirkan YBM BRI dengan memberikan dana beasiswa kepada mahasiswa yang sudah tersaring dari ribuan orang yang terdaftar. Program beasiswa ini bertujuan untuk meningkatkan kualitas SDM dalam mengelola masjid dan memberdayakan perekonomiannya. Sasaran kegiatan ini ialah mahasiswa yang mendapatkan beasiswa kader surau YBM BRI sebanyak 30 orang. Dikarenakan program ini merupakan program beasiswa pada tahun 2011, sehingga para penerima beasiswa ini pun merupakan mahasiswa angkatan 2011. Acara dimulai pukul 09.00 pagi tersebut dibuka oleh MC Muhammad Rifa’i (Mahasiswa STEI SEBI 2009) dengan basmallah dan tilawah kemudian dilanjutkan sambutan oleh Bpk. Aries Hermawan selaku kemahasiswaan STEI SEBI. Tak lama setelah sambutan, MC mempersilahkan kepada Ust. Ahmad Yani selaku pembicara untuk menyampaikan materi Trining masjid kepada peserta. 

Beliau (baca Ust. Ahmad Yani) adalah ketua Lembaga Pemberdayaan Mayarakat Khairu Ummah, jakarta. Beliau juga aktif menjadi penulis buku-buku tsaqafah dan buku yang berhubungan langsung dengan masjid, diantara bukunya yang telah di terbitkan ialah “80 Masalah Masjid, Beginilah Seharusnya Memakmurkan Masjid”. Tujuan dari acara ini adalah untuk memberikan gambaran kepada peserta bagaimana proses pengelolaan masjid yang baik dan bagaimana mengembangkan ekonomi berbasis masjid. Sehingga nantinya diharapkan lahir kader-kader surau yang handal dan memiliki kapasitas dalam memakmuran masjid dan peka terhadap permasalahan ekonomi masyarakat dan ummat. 

Ust. Ahmad Yani menuturkan bahwa dalam mengembangkan dan memakmurkan masjid harus ada beberapa agenda Untuk mengaplikasikan fungsi-fungsi masjid maka harus dibuat program, diantaranya : Yang pertama Ubudiyah (peribadahan), program ini merupakan program yang concern kepada agenda agenda ibadah seperti Shalat berjamaah 5 waktu, Shalat jum’at, Shalat tarawih, Shalat gerhana, Shalat dua hari raya dan lain-lain. Yang kedua Pendidikan, program ini merupakan program yang menjadi fasilitas dalam meningkatkan tsaqafah dan informasi bagi masyarakat. Sebagai contoh diantaranya Pegajian, Perpustakaan, Kaderisasi, dll. Yang ketiga program yang harus ada di masjid ialah program Pelayanan seperti bimbingan dan penyuluhan (layanan konsultasi jamaah), Layanan kesehatan, Mengurus jenazah (menyiapkan kebutuhan jenazah dan membantu keluarganya), Santunan sosial. Selanjutnya yang ke empat dalam rangka memakmurkan masjid juga dibutuhkan program Penerangan kepada masyarakat. Dengan tujuan agar masyarakat tidak ketinggalan informasi. Misalnya Menerbitkan / berlangganan buletin, Membuat majalah dinding, Penyuluhan narkoba, aids, seks bebas, dll. Kelima, Usaha dana. Sebagai contoh program ini adalah Menghimpun dan mengelola ZIS, membuat BMT, Penyewaan aula masjid dan fasilitas yang dimiliki, Membuka koperasi / mini market, Penggunaan dana ( membiayai perawatan dan pemeliharaan masjid, membiayai program kegiatan masjid, membantu masyarakat yang kekurangan dana). Seluruh peserta sangat antusias akan kegiatan trining masjid ini, terlihat beberapa peserta yang melontarkan pertanyaann kepada pemateri dengan semangat yang menggebu. 

Mudah-mudahan semangat ini merupakan semangat generasi Rabbani yang siap menggetarkan setiap Surau yang ada di Indonesia dan Depok Khususnya. Pukul 12.00 seiringan dengan berkumandangnya adzan dzuhur, acara untuk sementara ditutup dan dilanjutkan dengan shalat berjamaah bersama, serta istirahat makan siang. Setelah melaksanakan kewajiban shalat dan menunaikan hak perut, acara pun kembali dilanjutkan. Akan tetapi kini acara dilaksanakan di ruang yang berbeda. Pertama acaranya dilaksanakan di masjid dan selanjutnya dilaksanakan di ruang ibnu Taimiyah (Ruangan STEI SEBI). 

Peserta merasa senang saat itu, karena selepas shalat dzuhur dan makan siang panitia Trining masjid membagikan buku dari karya ust. Ahmad yani secara Cuma-Cuma sebagai hadiah dari pemateri kepada peserta yang semangat dalam memakmurkan masjid. “Ketika saya ke Australia, disana para muallaf mengganti fungsi gereja yang sudah tidak terpakai menjadi masjid untuk mereka beribadah”. Tutur Ust. Ahmad Yani kembali memberikan semangat dan motivasinya kepada peserta dalam memakmurkan masjid. Setelah beberapa materi disampaikan, tak lama kemudian terdengar kumandang adzan ashar. Kami pun kembali menunda acara untuk sementara hingga selesainya shalat berjamaah, kami pun melanjutkan trining masjid Part III. 

Pukul 17.00 Acara ditutup Oleh MC dengan membaca hamdalah dan do’a bersama. Kemudian penyerahan sertifikat dan kenanga-kenangan dari STEI SEBI kepada Ust. Ahmad Yani. Acara yang berlangsung dari pukul 09.00 hingga pukul 17.00 ini, memberikan kesan yang sangat positif bagi para peserta. Dihujung acara pun, peserta bersama-sama meminta tandatangan dari pembicara pada buku trining masjid dan problematika masjid yang telah diberikan. Acara ditutup dengan melakukan fhoto bersama. (STEI SEBI/Redaktur/NH)

Entri Populer

Jago Desain Creative Design And Branding
About Us
Powered by Blogger.

Sidebar Ads

x
- WHO AM I ? - Lorem ipsum dolor sit amet, consectetur adipisicing elit, sed do eiusmod tempor incididunt ut labore et dolore magna aliqua. Ut enim ad minim veniam, WANT TO KNOW MORE ABOUT ME ?SCROLL DOWN
A LOREM IPSUM DOLOR
Lorem ipsum dolor sit amet, consectetur adipisicing elit, sed do eiusmod tempor incididunt ut labore et dolore magna aliqua. Ut enim ad minim veniam, quis nostrud exercitation ullamco laboris nisi ut aliquip ex ea commodo consequat.
The Story of MeI already know the world of graphic design since 2012 and has studied since the beginning of 2013, when it was first introduced graphic design I am very happy and excited to learn I feel this is where my passion. It is very difficult for me to learn graphic design because I am a autodidact not there are teachers who guide and teach me, though only armed with science and tutorials of other graphic designers on the internet I can attest that the quality of my design is same as the graphic designer who studied in college, although unsuccessful I will continue to try and try again.Download My Resume PDF
- SPECIALIST SERVICE - Graphic DesignPrint DesignPackaging DesignLabeling DesignLayout DesignTypographicInfographicVector DesignPoster DesignWeb DesignShirt Designlogo & Stationery DesignID Card DesignInvitation Design
- My Skills -
HTML/CSS
Jquery/PHP
Photoshop
CorelDRAW
Illustrator