Ditulis oleh :
"Dan bagi tiap-tiap umat ada kiblatnya (sendiri) yang ia menghadap kepadanya. Maka berlomba-lombalah kamu (dalam berbuat) kebaikan. Di mana saja kamu berada pasti Allah akan mengumpulkan kamu sekalian (pada hari kiamat). Sesungguhnya Allah Maha Kuasa atas segala sesuatu." (QS Al Baqarah: 148).

Imam Ghazali mengatakan bahwa hati manusia ibarat cermin, sedangkan petunjuk Tuhan bagaikan nur atau cahaya. Seandainya hati seseorang itu bersih maka niscaya setiap langkahnya akan memancarkan cahaya kebaikan yang dengan itu cahaya-nya akan sampai kepada yang lainnya. Bukankah rosululloh pernah mengatakan bahwa dalam diri manusia ada bagian yang jika bagian itu baik, maka yang lainnya pun akan mengikuti baik?

Menata hati merupakan langkah pertama sebelum menjalankan setiap aktifitas. Karena saat hati kurang baik, maka akan memberikan dampak pula pada aktifitasnya. Niat yang lurus, hati yang bersih dan ikhlas menjadi syarat pertama dalam melaksanakan aktifitas.

Allah menyampaikan didalam Al Qur’an “dan tidak Aku ciptakan jin dan manusia kecuali untuk beribadah kepadaku” (QS. Adzariyat 56). Menjadi kewajiban setiap orang dalam mengisi waktunya dengan nilai-nilai kebaikan dan nilai ibadah kepada Allah SWT. Mari manfaatkan setiap momentum kebaikan menjadi ajang fastabiqul khairat untuk meraih ridho dari Allah SWT dan kemuliaan disisiNya. Bukankah kita orang-orang mu’min sudah diberikan jaminan syurga yang didalamnya penuh dengan keindahan dan kenikmatan yang tidak bisa dibayangkan oleh nalar manusia. 

"Seorang pun tidak mengetahuinya apa yang disembunyikan untuk mereka, yaitu (bermacam-macam nikmat) yang menyedapkan pandangan mata sebagai balasan terhadap apa yang telah mereka kerjakan" (QS As Sajdah :17)

" Allah menjanjikan kepada orang-orang mukmin, lelaki dan perempuan, (akan mendapat) surga yang dibawahnya mengalir sungai-sungai, kekal mereka di dalamnya, dan (mendapat) tempat-tempat yang bagus di surga 'Adn. Dan keridhaan Allah adalah lebih besar; itu adalah keberuntungan yang besar"(QS.At-Taubah:72)

“Sesungguhnya Allah telah membeli dari orang-orang mu’min, diri dan harta mereka dengan memberikan syurga untuk mereka”. (QS. At Taub├íh: 111).

Menjadi keberkahan yang membanggakan, saat kebaikan yang kita lakukan, amalnya dirasakan orang lain dan buahnya dirasakan oleh kita sendiri. Sungguh sangat indah dan manis rasanya saat batas masa kerja (kematian) tiba, akan tetapi nilai kemanfaatan dari apa yang pernah kita lakukan tetap terkenang dan dirasakan oleh mereka yang masih berkelana di dunia.

Rosulullah saw.Bersabda .”Apabila anak cucu Adam (yakni umat manusia ) telah meninggal dunia, maka telah putuslah amal perbuatannya,kecuali tiga hal: Sedekah zariah, Ilmu yang bermanfaat, dan anak yang shaleh yang mendoakannya”,(HR. Muslim.)

Rasulullah SAW pun pernah bersabda : “Sesungguhnya Allah SWT tidak melihat (menilai) bentuk tubuhmu dan tidak pula menilai kebagusan wajahmu, tetapi Allah SWT melihat (menilai) keikhlasan hatimu.” (HR. Muslim)

Rosululloh menyampaikan kepada kita bahwa saat kematian hadir, maka semuanya terputus kecuali tiga hal ; sedekah zariah, ilmu yang bermanfaat, dan anak yang shaleh. Inilah isyarat-isyarat nilai-nilai ibadah, nilai-nilai kebaikan yang Rosululloh ungkapkan yang akan terus mengalir meskipun darah kita terhenti didunia. Rosululloh pun menyampaikan bahwa nilai kebaikan atas amal itu tidak dipandang dari baiknya pandangan mata dan jasad saja. Akan tetapi kebaikan itu dilihat dan dinilai berdasarkan keikhlasan hati didalamnya.

Sungguh tidak ada kebaikan yang kecil disisi Allah SWT. Sekecil apapun kebaikan yang kita kerjakan, maka Allah akan memberikan balasan yang sesuai, pun sebaliknya. Sekecil apapun amal kebaikan yang kita lakukan, maknai bahwa itu adalah sumbangsih kita untuk peradaban, sumbangsih kita untuk ummat dan sekecil apapun kejelekan yang kita lakukan, itu adalah sumbangsih kita untuk peradaban. Artinya adalah sebuah kemunduran akan nilai dan peradaban ummat.

Selangkah untuk kebaikan lebih baik dari setapak kejelekan yang dilakukan. Memiliki makna pembangunan dan kemunduran pada dimensi keduanya. Bisa jadi amal yang sedikit itu merupakan amalan yang di terima disisi Allah. Belum tentu pula amalan yang banyak memiliki jaminan akan di terimanya disisi Allah SWT. Mari berikan energy-energi keikhlasan dalam setiap aktifitas kita.

"maka barang siapa mengerjakan kebaikan seberat dzaraah, niscaya ia akan melihat balasannya” (QS. Azalzalah : 7)

Sebaik-baik manusia diantaramu adalah yang memberikan manfaat untuk orang lain (HR. Bukhori)

Seandianya daun memberikan manfaat dari tumbuh hingga luruh, kita pun sama mari meninggalkan manfaat untuk sekitar dari tumbuh hingga luruh. wallahu'alam

Entri Populer

Jago Desain Creative Design And Branding
About Us
Powered by Blogger.

Sidebar Ads

x
- WHO AM I ? - Lorem ipsum dolor sit amet, consectetur adipisicing elit, sed do eiusmod tempor incididunt ut labore et dolore magna aliqua. Ut enim ad minim veniam, WANT TO KNOW MORE ABOUT ME ?SCROLL DOWN
A LOREM IPSUM DOLOR
Lorem ipsum dolor sit amet, consectetur adipisicing elit, sed do eiusmod tempor incididunt ut labore et dolore magna aliqua. Ut enim ad minim veniam, quis nostrud exercitation ullamco laboris nisi ut aliquip ex ea commodo consequat.
The Story of MeI already know the world of graphic design since 2012 and has studied since the beginning of 2013, when it was first introduced graphic design I am very happy and excited to learn I feel this is where my passion. It is very difficult for me to learn graphic design because I am a autodidact not there are teachers who guide and teach me, though only armed with science and tutorials of other graphic designers on the internet I can attest that the quality of my design is same as the graphic designer who studied in college, although unsuccessful I will continue to try and try again.Download My Resume PDF
- SPECIALIST SERVICE - Graphic DesignPrint DesignPackaging DesignLabeling DesignLayout DesignTypographicInfographicVector DesignPoster DesignWeb DesignShirt Designlogo & Stationery DesignID Card DesignInvitation Design
- My Skills -
HTML/CSS
Jquery/PHP
Photoshop
CorelDRAW
Illustrator