Ditulis oleh :

Selasa, 19 Juli 2011 09:00 WIB
STEI SEBI, Sawangan Depok – Dalam rangka menyambut mahasiswa STEI SEBI angkatan 2011/2012, kemahasiswaan STEI SEBI mengadakan sebuah kegiatan pembekalan SDM yang akan menjadi mentor pembinaan mahasiswa baru. Acara dimulai bersama Basmallah jam 09.00 WIB. Dengan tema pertama Ahammiyyatu attarbiyah/ urgensi tarbiyah oleh Inovator Promuda Cahaya Indonesia, Kristiyantoro

Senin (19/7) Kristiyantoro mengatakan fungsi tarbiyah adalah sebagai charger diri yang akan menjadi kekuatan untuk menghadapi tantangan-tantangan hidup. Seperti halnya HP yang membutuhkan energy untuk melakukan fungsi yang maksimal. Sebelum masuk materi, kami diajak untuk melihat video trgedi tsunami aceh dan merenungi kejadian itu. Menurut Kristiyantoro ada tsunami yang lebih besar dari tsunami Aceh yakni tsunami pergaulan bebas, narkoba dan kebebasan-kebebasan lain yang menyandera generasi muda. Permasalahan ini menjadi sorotan penting yang harus terus kita kaji dan mencarikan solusi untuk itu.

Keberadaan tarbiyah menjadi sebuah nafas baru yang Menjadi sebuah terobosan untuk membentuk dan membangun generasi yang dinanti,  baik, berakhlaqul karimah yang bermanfaat bagi bangsa, negara dan ummat.
Jika kita bercermin kepada sejarah perjalanan islam, saat perang uhud yang menjadi perisai pelindung rosulullah dari serangan orang-orang kafir ialah binaan-binaan khalifah Abu bakar ashidiq (Thalhah, zubair bin awwam, saad bin abi waqash). Generasi inilah yang mudah-mudahan terlahir dari rahim tarbiyah yang siap menjadi pionir-pionir kebangkitan bangsa atau setidaknya mampu menjaga diri dari pengaruh-pengaruh negatif. Disinilah salah satu titik penting kita untuk senantiasa membina generasi muda. Ungkapnya.

Kegiatan semakin lengkap dengan agenda diskusi para peserta training mentor yang mensimulaikan kegiatan mentoring dengan beberapa segmentasi objek. Mulai dari siswa, mahsiswa, ibu-ibu, dankhodimah (pembantu). Hingga kamidzuhur pun tiba.

Ba’da shalat dzuhur kami mulai kembali Trining Mentor dengan tema kedua Menjadi mentor yang inspiratif oleh Ust. Erwin kurnia wijaya, M.Pd. Triner trustco Bandung.
Sebelum memasuki materi, beliau membuka dengan menanyakan mengapa mentarbiyah? Ada empat point penting alasan mendasar yang melatarbelakangi mengapa kita mentarbiyah :
  1. Kontribusi, bukti nyata menghambakan diri kepada Allah.
  2. Active income, yang akan terus menerus mengalir ketika kita mentarbiyah orang lain karena itu menjadi rekening dengan saldo yang tidak disadari.
  3. Realitas hidup, karena dalam realitas hidup ada haq dan bathil, ada terang dan gelap. Kebathilan dan Kegelapan inilah yang harus diberikan penerangan.
  4. Kepahlawanan, tidak ada alasan yang terlalu jelas, tidak menunggu kedatangan pahlawan, kita hanya perlu berjanji untuk membangun itu.
Menjadi mentor itu seperti menggosok batuan mulia. Butuh teori, seni dan pengalaman yang dilandasi dengan keikhlasan. Ungkapnya. Kemudian beliau pun memaparkan bahwa liqo tarbawi (mentoring) itu bak taman yang terawat dan indah, tempat merajut ukhuwwah, tempat mengukir jiwa-jiwa pejuang, tempat menikmati nuansa rabbaniyah dan tempat mencetak pemimpin masa depan seperti yang tertuang dalam do’a rabitoh ; ikatan yang kuat, cinta yang abadi, terbukanya berbagai jalan kebaikan, hati yang bercahaya, dada yang lapang, hidup dalam ma’rifat dan mati syahid. sebagai seorang mentor harus memiliki inovasi-inovasi yang mampu membuat agenda liqo tarbawi tidak monoton. Karena bukan hanya untuk menyampaikan materi saja tetapi lebih dari itu bagaimana mempersaudarakan para peserta mentoring penuh cinta karena Allah SWT. Sehingga bisa mencetak pribadi ataupun kelompok yang dinamis dan produktif. Ada beberapa karakter seorang Murabbi/mentor yang dipaparkan Ust. Erwin Kurnia Wijaya, M.Pd yaitu :
  • Murabbi biasa, yang hanya menyampaikan materi dan menjelaskannya
  • Murabbi yang baik, yang mengajak binaannya untuk berdiskusi
  • Murabbi yang lebih baik, yang mendemonstrasikan apa yang telah disampaikan dan diskusikan
  • Murabbi terbaik, yang menjadi inspirasi bagi binaan-binaannya
Murrabbi yang terbaik itulah yang memiliki nilai lebih yang akan menjadikan dan melahirkan generasi Rabbani. Selain karakter murabbi beliau pun memaparkan kedudukan murabbi dalam pembinaan yaitu : WALID (Orang tua dalam hubungan emosional), SYAIKH (bapak spiritual dalam tarbiyah ruhiyah) USTADZ (Guru dalam mengajarkan banyak hal), QA’ID (pemimpin dalam kebijakan umum da’wah).

Saat perang khandaq rosulullah mengatakan bahwa 800 tahun yang akan datang konstantinopel akan jatuh ditangan islam, dialah panglima dan tentara terbaik sepanjang masa. Semenjak dari itu, 800 tahun kemudian konstantinopel terbukti jatuh ditangan islam, panglima saat itu ialah Muhammad Al fatih dan tentaranya. Yang menjadi sorotan ialah siapakah yang telah mencetak Muhammad Al fatih dan tentaranya?. Disinilah posisi seorang murabbi berperan dalam menciptakan jiwa-jiwa yang kuat generasi rabbani. Layaknya murabbi dari Muhammad Al faith dan tentaranya.
seperti biasanya, sebuah trining tidak akan terasa sempurna jika tidak ada simulasi. Peserta trining pun mensimulasikan kegiatan perencanaan liqa tarbawi kemudian mempresentasikan kepada semua peserta. Waktu semakin berjalan kami pun mulai di penghujung acara. Satu hal yang meski kita ingat ialah “Inti dari tarbiyah ini ialah mencetak generasi rabbani”.

Mudah-mudahan kita siap untuk menjadi mentor-mentor pembaharu yang menyelamatkan generasi muda kini yang sedang terombang ambing amuk masa. The global is changing, this time is wake up, It is time to take action (redaktur).
Kegiatan yang diperkirakan selesai pada pukul 16.00 WIB ini memang diprediksi akan memancing banyak pertanyaan-pertanyaan dan simulasi yang akan memakan waktu cukup banyak sehingga penutupan berakhir pukul 17.30 WIB.
Redaktur: Nurdin Hoerrudin

Entri Populer

Jago Desain Creative Design And Branding
About Us
Powered by Blogger.

Sidebar Ads

x
- WHO AM I ? - Lorem ipsum dolor sit amet, consectetur adipisicing elit, sed do eiusmod tempor incididunt ut labore et dolore magna aliqua. Ut enim ad minim veniam, WANT TO KNOW MORE ABOUT ME ?SCROLL DOWN
A LOREM IPSUM DOLOR
Lorem ipsum dolor sit amet, consectetur adipisicing elit, sed do eiusmod tempor incididunt ut labore et dolore magna aliqua. Ut enim ad minim veniam, quis nostrud exercitation ullamco laboris nisi ut aliquip ex ea commodo consequat.
The Story of MeI already know the world of graphic design since 2012 and has studied since the beginning of 2013, when it was first introduced graphic design I am very happy and excited to learn I feel this is where my passion. It is very difficult for me to learn graphic design because I am a autodidact not there are teachers who guide and teach me, though only armed with science and tutorials of other graphic designers on the internet I can attest that the quality of my design is same as the graphic designer who studied in college, although unsuccessful I will continue to try and try again.Download My Resume PDF
- SPECIALIST SERVICE - Graphic DesignPrint DesignPackaging DesignLabeling DesignLayout DesignTypographicInfographicVector DesignPoster DesignWeb DesignShirt Designlogo & Stationery DesignID Card DesignInvitation Design
- My Skills -
HTML/CSS
Jquery/PHP
Photoshop
CorelDRAW
Illustrator