Ditulis oleh :

Setelah Tapak Tilas Nabi Ibrahim Part 1, maka kita lanjutkan kepada tapak yang kedua yaitu tapak tilas nabi Ibrahim part 2 yang sekarang sedang sahabat baca. Pada part 2 ini akan mencoba memaparkan beberapa pelajaran yang bisa kita ambil dan renungi dari perjalanan/kisah Nabi Ibrahim dan Ismail. Karena begitu besar pelajaran yang bisa kita ambil dan aplikasikan dalam kehidupan kita sehari-hari.

Kesabaran
Banyak ibroh atau pelajaran  yang dapat kita ambil pada kisah ini yang pertama yaitu kita lihat sosok seorang siti sarah yang begitu sabar dalam menjalani kehidupan sebagai seorang istri yang pastinya menanti seorang anak dan begitu juga nabi Ibrahim yang ingin sekali memiliki keturunan yang baik, bayangkan saja menikah sudah lama tapi Allah belum memberika mereka seorang anak. Padahal seorang anak dalam keluarga  merupakan karunia yang sangat diharapkan, sebab dengan keberadaanya dapat meramaikan sebuah keluarga.

Keluarga Ibrahim sangat memberikan pencerdasan buat  kita semua dalam hal kesabaran, sebab dapat kita lihat pada konteks saat ini jarang sekali keluarga yang seperti nabi Ibrahim dan siti sarah yang begitu sabar dalam menanti seorang anak, masyarakat saat ini keimanannya sudah kering sehingga menyebabkan mereka tidak mensyukuri nikmat dari Allah sehingga ketika dalam keluarga mereka belum di berikan momongan mereka mengeluh dan  su’udzon terhadap Allah SWT, sehingga menjadikan kufur atas nikmat yang di berikan Allah.

Dalam kisah ini kita juga melihat sosok seorang wanita yang taat kepada Allah dan suami selain Siti Sarah yaitu Siti Hajar dimana ketika diminta untuk tinggal di Tempat yang memang sangat gersang Air dan Makanan tidak ada tapi karena ini printah Allah maka Siti hajar menerima dengan ikhalas dan sabar.

Penjagan terhadap Keluarga.
Dalam penjagaan keluarga kita dapat mengambil pelajaran dari siti hajar yaitu pada saat Ismail kehausan maka sebagai seorang ibu yang saat itu sudah kehabisan perbekalan harus berjuang untuk mendapatkan air untuk anaknya. Dalam kisah diatas disampaikan bahwasanya Siti Hajar berlari-lari tujuh kali menuju safa dan marwah untuk mendapatkan air.

Sahabat yang budiman berlarinya siti hajar selama tujuh kali untuk mencari air ini bisa kita ambil sebuah pelajaran yang jarang di pikirkan oleh masyarakat saat ini, yaitu sejauh apapun seorang ibu mencari kebutuhan untuk keluarganya janganlah smapai meninggalkan anak  dan kelurganya  terlalu jauh sehingga bimbingan seorang ibu terhadap anaknya menjadi kurang. Ini ibroh yang bias kita mbil dari Siti Hajar bagaimana beliau memberikan kita sebuah pelajar yang amatlah penting.

Ketaatan Anak terhadap Orang Tua
Dalam hal ketaatan seorang anak dalam kisa ini sudah sangat jelas sekali yaitu Ismal sosok anak yang sangat taat kepada orang tuanya sebagiamana ketika ayahnya Ibrahim menyampaikan mimpinya tentang penyemblihan ismail, akan tetapi ismail langsung mengikhlaskan dirinya untuk disemblih karena dia tau ini adalah printah Allah, dan Allah dalah Rabbnya.

Sahabat bisa kita lihat bagaimana sosok seorang ismail yang dengan kataatanya kepada orang tua menjadikan sebagian diantara kita ingin sekali memiliki seorang anak, adik atau kakak seperti beliau. Ketaatan Ismail ini di topang juga oleh pengawasan dari kedua orang tuanya yaitu Ibrahim dan siti Hajar sehingga menjadikan ismail anak yang taat pada Allah dan orang tuanya.

Berbeda dengan anak-anak jaman sekarang mereka sudah sangat tidak lagi menghargai kedua orang tuanya, sehingga ketika orang tua memerintahkan sesuatu kepada anaknya maka anaknya dengan mudah membatah perintahanya, hal ini dikarenakan bimbingan dari orang tua pada jaman modern ini sangat kurang. Di sebabkan orang tua yang sudah sangat sibuk mencari penghasilan untuk menghidupi keluarganaya sampai lupa membimbing serta mengawasi aktivitas anak-anaknya.

Perekonomian bergerak cepat pada musim Qurban
Untuk pelajaran yang satu ini mungkin tidak terdapat dalam kisah kehidupan Nabi Ibrahim akan tetapi pelajar ini di dapat ketika penulis melihat realita di musim Qurban, pelajaran yang di dapat di musim Qurban adalah bagaimana banyak perternak hewan Qurban, dimana ini menjadi sumber penghasilan yang baik untuk para peternak hewan Qurban, begitu juga para pemuda yang mengaggur pada musim Qurban ini ada yang bisa mendapatkan penghasilan dikarenakan peternak hewan minta dicarikan rumput untuk pakan hewan Qurbannya, dan juga mungkin ada yang diminta untuk menjaga hewan Qurban diwaktu malam hawatir ada yang mencopetnya, dan banyak pelajaran yang bisa di dapat dalam perekonomian ini pada intinya pad musim Qurban ini sejatinya perekonomia cepat berputar hingga para pengangguranpun bias kerja.

Sahabat yang berbahagia mungkin inilah sedikit pelajaran yang dapat penulis sampaikan dari kisah Nabi Ibrahim beserta keluarga. Mungkin para pembaca juga dapat mengambil pelajaran yang lebih dari dari penulis tentang kisah ini karena sejatinya kita sebagai seorang muslim di tuntut untuk selalu bias mengambil pelajaran dari sebuah kisah atau peristiwa yang tierjadi di sekeliling kita.
Wallahua’lam bishawab.

Entri Populer

Jago Desain Creative Design And Branding
About Us
Powered by Blogger.

Sidebar Ads

x
- WHO AM I ? - Lorem ipsum dolor sit amet, consectetur adipisicing elit, sed do eiusmod tempor incididunt ut labore et dolore magna aliqua. Ut enim ad minim veniam, WANT TO KNOW MORE ABOUT ME ?SCROLL DOWN
A LOREM IPSUM DOLOR
Lorem ipsum dolor sit amet, consectetur adipisicing elit, sed do eiusmod tempor incididunt ut labore et dolore magna aliqua. Ut enim ad minim veniam, quis nostrud exercitation ullamco laboris nisi ut aliquip ex ea commodo consequat.
The Story of MeI already know the world of graphic design since 2012 and has studied since the beginning of 2013, when it was first introduced graphic design I am very happy and excited to learn I feel this is where my passion. It is very difficult for me to learn graphic design because I am a autodidact not there are teachers who guide and teach me, though only armed with science and tutorials of other graphic designers on the internet I can attest that the quality of my design is same as the graphic designer who studied in college, although unsuccessful I will continue to try and try again.Download My Resume PDF
- SPECIALIST SERVICE - Graphic DesignPrint DesignPackaging DesignLabeling DesignLayout DesignTypographicInfographicVector DesignPoster DesignWeb DesignShirt Designlogo & Stationery DesignID Card DesignInvitation Design
- My Skills -
HTML/CSS
Jquery/PHP
Photoshop
CorelDRAW
Illustrator