Ditulis oleh :


“Ibarat pedang, kemauan politik bermata dua, ia bisa menyelamatkan, tetapi juga bisa memusanahkan”

 Barack Obama dilahirkan di Honululu, hawai tepatnya di Kapi’olani Medical Center for Women & Children. Anak dari pasangan Barack Hussein Obama Sr. berasal dari Kenya Afrika dan Ann Dunham seorang kulit putih yang berasal dari Wichita Kansas. Ayah dan Ibu Obama ini bertemu tahun 1960 di Universitas Hawaii dimana saat itu Ayahnya adalah mahasiswa luar negeri. Setahun kemudian, tepatnya 2 februari 1962, mereka menikah. Namun pernikahan ini tidak bertahan lama, ketika itu Barack Obama Jr berumur 2 tahun, Ayah dan ibunya memutuskan bercerai di tahun 1964.
Setelah bercerai inilah Ibu Barack Obama bertemu dengan Lolo Soetoro dan keluarga ini kemudian pindah ke Indonesia di tahun 1967. Di Indonesia Barack Obama mengikuti sekolah di Indonesia seperti Asisi, Jakarta hingga umur 10 tahun. Setelah itu Barack Obama kembali ke Honululu dan tinggal dengan nenek dari pihak ibunya. Disini Obama sekolah di Punahou hingga tamat SMA di tahun 1979.
Di masa sekolah, Lolo soetoro kembali ke hawai tahun 1972 untuk tinggal beberapa tahun. Kemudian tahun 1977 Beliau kembali ke Indonesia untuk pekerjaan di bidang antropologi. Di Indonesia pula ia menghabiskan sisa hidupnya, hingga tahun 1994 kembali ke hawaii. Istrinya meninggal dunia karena kanker rahim di tahun 1995.
Saat SMA, Barack Obama mengakui ia pernah terlibat dengan obat-obatan terlarang dan alkohol. Ia menyebutkan periode ini sebagai kesalahan moral terbesar dalam hidupnya. Setelah lulus SMA, beliau pindah ke Los Angeles dan melanjutkan kuliah di universitas occidental selama 2 tahun. Kemudian Obama pindah ke Universitas Columbia di New York. Jurusan yang diambil adalah ilmu politik dan spesifik ke hubungan internasional. Tahun 1983, Obama lulus dan kemudian ia  berkerja di Business International Corporation dan New York Public Interest Research Group.
Setelah empat tahun di New York, Barack Obama pindah ke Chicago dan bekerja sebagai Direktur Developing Communities Project (DCP), sebuah organisasi berbasis gereja. Obama bekerja selama 3 tahun dari juni 1985 sampai 1988.
Di Akhir Tahun 1988, Barack Obama mengikuti kuliah di Universitas Harvard. Di akhir tahun pertamanya, Obama terpilih sebagai editor Harvard Law Review. Ini dikarenakan nilainya dan prestasinya dalam kompetisi menulis. Bulan Februari 1990, Obama mengikuti pemilihan president Harvard Law dan merupakan orang kulit hitam pertama yang mencalonkan diri menjadi president Harvard Law. Hal ini menjadi kegemparan yang luar biasa di Harvard.
Selama liburan musim semi, Barack obama kembali ke chicago dan bekerja di perusahaan hukum Sidley & Austin di tahun 1989 dan Hopkins & Sutter di tahun 1990. Tahun 1991, Barack Obama lulus dengan gelar Juris Doctor (JD) dan mencatat sejarah sebagai orang kulit hitam pertama yang berhasil lulus dengan predikat magna cumlaude. Setelah lulus Obama kembali lagi ke chicago.
Barack Obama mendapat tawaran untuk menulis sebuah buku yang berhubungan dengan ras karena kepopulerannya dalam pemilihan presiden Harvard Law lalu. Obama bahkan mendapat segala support dan kantor baru di Universitas Chicago Fakultas Hukum untuk menyelesaikan buku itu. Buku ini direncanakan selesai dalam setahun, namun ternyata melebihi waktu itu. Untuk fokus kepada penyelesaian buku itu, Obama dan Istrinya Michelle pindah ke Bali dan menulis dalam beberapa bulan di sana. Akhirnya naskah buku tersebut berhasil dipublikasikan di pertengahan tahun 1995 dengan judul Dreams from my father.
Dari tahun 1992 hingga 1995 Barack Obama terlibat dalam berbagai kegiatan di bidang politik dan hukum. Diantaranya Illinois Project Vote, mengajar hukum di universitas chicago, bergabung dengan perusahaan hukum Davis, Miner, Barnhill & Galland, pendiri Public Allies, direktur Woods Fund of Chicago dan masih banyak posisi lainnya.
Barack Obama menjadi seorang senator
Perjalanan politiknya dimulai ketika terpilih menjadi senator negara bagian Illinois tahun 1996. Obama memperjuangkan perubahan undang-undang untuk tata susila dan perlindungan kesehatan. Obama juga mendukung pengurangan pajak bagi pegawai kelas bawah, negosiasi perbaikan kesejahteraan, dan menambah subsidi untuk anak-anak.
Dengan prestasinya pada masa jabatan pertamanya sebagai senator, maka di tahun 1998 dan 2002 Obama terpilih lagi menjadi senator. Bulan Januari 2003 Barack Obama menjadi ketua komite Layanan Kesehatan dan kemanusiaan Illinois ketika partai demokrat selalu menjadi minoritas. Partai demokrat berhasil mendapatkan posisi mayoritas. Obama masih memperjuangkan masalah ras dan diskriminasi sosial.
Bulan November 2004, Obama mengundurkan diri dari senat illinois untuk mengikuti pemilihan senat Amerika Serikat. Sebenarnya mulai pertengahaan 2002, Obama sudah menjalankan promosinya untuknya menjadi senat US. Dibantu oleh strategis politiknya, David Axelrod, ia mengumumkan pencalonan diri bulan Januari 2003. Keputusan dari Pemegang jabatan dipartai demokrat dan republik untuk tidak mengikuti pemilihan ini telah membuka kompetisi diantara 15 kandidat.
Popularitas Obama meningkat karena iklan Axelrod yang menggunakan gambar dari Mayor Chicago Harold Washington dan dukungan dari anak perempuan Paul Simon, US Senator terkenal dari Illinois. Akhirnya Obama berhasil mendapatkan 52 persen suara, unggul 29 persen dari rival democratic terdekatnya.
Akhirnya 4 Januari 2005, Barack Obama disumpah sebagai Senator US dan merupakan orang kulit hitam kelima yang pernah menjabat jabatan itu. Obama juga merupakan satu-satunya senator US yang menjadi Congressional Black Caucus. CQ Weekly, publikasi non partai bahkan menyebutkan Obama sebagai Demokrat yang loyal. Kemudian National Journal meranking Obama sebagai orang yang terliberal di senator.
Masa Pemilihan presiden Amerika Serikat
Bulan Februari 2007, Obama menyatakan mengikuti pemilihan Amerika Serikat sebagai kandidat presiden dari partai Demokrat. Pernyataan ini dilakukan di depan Old State Capitol, Springfield, Illinois. Pemilihan tempat ini simbolik karena disana juga Abraham Lincoln berpidato “House Divided” tahun 1858.
Selama masa kampanye, Barack Obama mengangkat isu penghentian perang Irak, meningkatkan kebebasan energi, dan menyediakan perawatan kesehatan menyeluruh. Tiga hal ini adalah prioritas utamanya. Dana kampanye meningkat menjadi 58juta USD walaupun ini merupakan sumbangan kurang dari 200USD yang diklasifikasikan sebagai sumbangan kecil oleh UU kampanye. Hal ini pula yang menyebabkan Obama terkenal karena berhasil menggalang dana kampanye dari donasi yang kecil.
Januari 2008, Obama dan Hillary berkompetisi untuk merebutkan posisi sebagai calon dari partai Demokrat. Setelah melalui berbagai macam halangan maupun kontroversi, akhirnya Obama sekali lagi membuktikan bahwa ia berhasil meraih kepercayaan partainya.
Kemudian 23 Agustus 2008, Barack Obama mempublikasikan calon wakilnya, Joe Biden, Senator Delaware. Selain itu Hillary clinton juga mengakui kekalahan dan mendukung sepenuhnya Barack Obama. Di pemilihan presiden antar partai, Barack Obama berhadapan dengan McCain dari partai republic ( separtai dengan Presiden Bush dan memiliki kebijakan yang hampir sama dengan Presiden Bush ). McCain adalah bekas pejuang perang vietnam.
Akhirnya 4 november 2008, Barack Obama mengalahkan McCain dalam pemilihan presiden AS yang ke 44. Barack Obama merupakan presiden Amerika Pertama dari ras Kulit Hitam. Pada pidato kemenangannya di Chicago, Obama mengucapkan kalimat “change has come to America.”. Ia mendedikasikan kemenangannya untuk seluruh warga Amerika Serikat.
Pemilihan Presiden Amerika Tahun 2012
            Pada tahun 2012 Amerika kembali mengadakan pemilihan umum presiden , yang dimenangkan kembali oleh Barack Obama setelah mengalahkan Romney dalam pemilu tersebut. Dikatakan dalam suatu situs internet kemenangan Barak Obama atas Romney banyak spekulasi yang berkembang bahwa kemenangan Obama mesikpuntidak akan berpengaruh lebih dalam bagi hubungan Amerika Serikat dan Dunia Arab dan Islam. Namun kemenangan ini masih lebih baik dari pada Amerika dipimpin oleh peguasa yang mendukung perang atas Dunia Arab. Obama telah berhasil mengubah strategi dalam perang melawan terror. Tanpa banyak tentara dan bahkan memulangkan tentaranya dari Afghanistan. Kemenangan Barack Obama diprediksi akan kembali memberikan dampak positif bagi Asia dan tak luput Negara Indonesia melihat dari hubungan emosional yang dimiliki Barack Obama dan Negara Indonesia.
Kepemimpinan Obama        
            Selama proses yang panjang dalam pemilihan presideng Barack Obama menunjukkan beberapa gaya kepemimpinan. Pertama, Clear and Consistency Policy Goals yaitu dimana obama mencoba untuk menyelesaikan dan konsisten untuk melaksanakan janji-janji kampanyenya diawal kepemimpinannya sebagai seorang presiden. Kedua, Tactical Intelegency kepintaran taktis. Dimana Obama berani untuk terus memperjuangkan sesuatu walaupun terus diberikan tekanan. Ketiga, Obama adalah seoarang yang Learn From History, belajar dari pengalaman pendahulunya. Contohnya adalah usaha reformasi layanan kesehatan Presiden Bill Clinton, yang juga mewakili Partai Demokrat, mentok pada awal 1990-an. Bersama Ibu Negara kala itu, Hillary Clinton, Bill Clinton mencoba menciptakan sendiri program reformasi kesehatan yang menyeluruh. Dengan sengaja, supaya proposal mereka murni dan utuh, pasangan Clinton tidak melibatkan berbagai kelompok kepentingan yang bersangkutan. Akibatnya, mereka diserang kampanye negatif yang keji oleh asosiasi perusahaan asuransi swasta. Proposal itu tenggelam seketika.
Sebaliknya, Presiden Obama justru mencari sebanyak mungkin masukan. Ia mengaku menerima sejumlah gagasan lawan, misalnya untuk memperkuat unsur persaingan antarperusahaan asuransi. Oleh para pendekar Partai Republik, pendekatan itu dianggap lebih tepat ketimbang peran besar negara. Pada Februari 2010 seluruh masyarakat Amerika sempat menghadiri, lewat siaran televisi sepanjang hari, sebuah seminar nasional tentang layanan kesehatan yang dipimpin oleh ”Profesor” Obama. Hasilnya lumayan meskipun tidak ada suara Partai Republik yang diraih. Sebagian besar kelompok kepentingan yang bersangkutan, termasuk berbagai asosiasi dokter dan perawat yang dulu melawan proposal Clinton, berada di pihaknya. Keempat, Political Wil atau kemauan politik. Yaitu kesedian seseorang untuk mengambil risiko-risiko politik, termasuk risiko-risiko politik, termasuk risiko barat, demi pencapaian sebuah tujuan dasar dan luhur. Ibarat pedang, kemauan politik bermata dua, ia bisa menyelamatkan, tetapi juga bisa memusanahkan.
Jurusan psikologi  St johns university dan college of st benediet mempelajari dan menganalisi kecencerungan gaya dan karakter kepemimpinan obama dan arah kebijakanya yang bakal di tempuhnya. Barack Obama memiliki kepribadian seperti yakin ambisius, memiliki karakter yang baik, suka menolong, dan penuh pertimbangan, mereka energik dan cakap. Pandai menghadapi perbedaan, mampu menjadi mediator, serta berkompromi tanpa lkekerasan sebagai strategi mengatasi konflik. Mereka bekerja atau kebutuhan akan mencapainya tapi tak ambisius terhadap kekuasaan.
Survey lembaga penelitian  E-Poll Market Reserch berbasis di California, membandingkan obama dan mantan presiden AS Ronal regent dengan lima pembawaaan karakter. Yaitu kemampuan mengartikulasi, intelegensi, kepercayaan diri, pengalaman dan charisma. Polling yang dirilis MSNBC.com ini juga memberikan pertanyaan kepada 1.100 responden di seluruh Negara bagian, apakah mereka cukup mengenal keduanya. Hasil poling kemudian menyimpulkan bahwasannya Barack obama hampir mendekati reagen. Kedua politisi tersebut serupa dalam hal intelegensi dan kepercayaan diri. Namun keduanya sebagian besar responden menganggap hanya berbeda dari segi pengalaman, Seorang mantan senator demokrat Negara bagian , yang bernama larry mengatakan obama adalah seorang yang kompetitif namun cukup  kati-hati, dan selalu sulit di tebak.
Keseriusan kerja adalah salah satu kelebihan lain yang dimiliki obama. Setiap tugas dan pekerjaaan dilakukan bukan untuk mencari sensasi agar lebih terkenal. Model kepemimpina obama mengajarkan kita untuk memberikan yang terbaik untuk rakyatnya tanpa mengharapkan imbalan. Ia mengajarkan kita untuk belajar dari hal yang terdahulu, ia tidak menghilangkan prestasi yang pernah digapai pada masa sebelum ia menjadi seorang presiden, akan tetapi ia meneruskan hal yang baik tersebut. Jika hal terdahuli tersebut adalah negative maka ia mencari solusi agar tidak melakukan hal yang sama. Keseriusan dalam berkerja akan memberikan hasil yang lebih baik dari pada hanya bertumpu tangan kepada orang lain.

“bekerjalah dengan kesungguhan maka anda akan dikenal dengan kesungguhan anda”

Entri Populer

Jago Desain Creative Design And Branding
About Us
Powered by Blogger.

Sidebar Ads

x
- WHO AM I ? - Lorem ipsum dolor sit amet, consectetur adipisicing elit, sed do eiusmod tempor incididunt ut labore et dolore magna aliqua. Ut enim ad minim veniam, WANT TO KNOW MORE ABOUT ME ?SCROLL DOWN
A LOREM IPSUM DOLOR
Lorem ipsum dolor sit amet, consectetur adipisicing elit, sed do eiusmod tempor incididunt ut labore et dolore magna aliqua. Ut enim ad minim veniam, quis nostrud exercitation ullamco laboris nisi ut aliquip ex ea commodo consequat.
The Story of MeI already know the world of graphic design since 2012 and has studied since the beginning of 2013, when it was first introduced graphic design I am very happy and excited to learn I feel this is where my passion. It is very difficult for me to learn graphic design because I am a autodidact not there are teachers who guide and teach me, though only armed with science and tutorials of other graphic designers on the internet I can attest that the quality of my design is same as the graphic designer who studied in college, although unsuccessful I will continue to try and try again.Download My Resume PDF
- SPECIALIST SERVICE - Graphic DesignPrint DesignPackaging DesignLabeling DesignLayout DesignTypographicInfographicVector DesignPoster DesignWeb DesignShirt Designlogo & Stationery DesignID Card DesignInvitation Design
- My Skills -
HTML/CSS
Jquery/PHP
Photoshop
CorelDRAW
Illustrator