Ditulis oleh :


“Sampaikanlah dariku walau hanya satu ayat”
(HR. Bukhari)

Seperti telah dijelaskan sebelumnya bahwa kepemimpinan itu adalah kemampuan dalam memengaruhi orang lain, dan setiap dari kita memiliki kemampuan itu apabila kita mau berusaha menggali potensi yang kita miliki. Setelah kita sudah membentuk kepemimpinan dengan baik  dan  ternyata orang lain merasa senang berada dekat dengan kita, dengan apa yang ada dalam diri dan potensi yang ada dalam diri kita, maka kita telah berhasil dalam memengaruhi orang tersebut. Ini adalah keberhasilan awal kita dalam membentuk watak kepemimpinan sejati. Nah, dengan kepemimpinan sejati itulah alangkah lebih baiknya jika kita menularkannya kepada orang lain yang ada disekitar kita. Share Kebaikan, Share keteladanan, agar orang lain menaruh kepercayaan terhadap kita plus kita telah memengaruhi orang lain dengan kepribadian kita yang baik dan saatnya kepemimpinan publik kita akses lebih luas lagi. Sekarang, bagaimana caranya agar kita dapat menebar kebaikan itu? Ada beberapa Metode dalam menebar kebaikan yang dapat di like dan di-mention oleh orang-orang yang ada disekitar kita.

Share Kepemimpinan Lewat Keteladanan

“Sungguh telah ada bagi kalian pada diri Rasulullah suri teladan yang baik bagi orang yang berharap kepada Allah, hari akhir dan bagi orang yang banyak mengingat Allah.” (QS. Al-Ahzab: 21).

Orang lain akan mudah mengikuti kita apabila mereka tahu bahwa kita telah memberikan keteladanan kepada orang-orang yang ada disekitar kita. Keteladanan bisa muncul dalam diri apabila kita mempunyai integritas yang tinngi. Integritas adalah ketika kita dapat bertindak konsisten dengan nilai-nilai dan kebijakan dalam suatu lingkungan organisasi serta konsisten dengan kode etik profesi walaupun mungkin kita dalam keadaan yang sulit untuk melakukan itu semua, tapi kita terus mencoba untuk mejaga nilai-nilai itu, maka dapat dikatakan kita telah memiliki integritas. Lalu keteladanan yang bisa kita share apabila kita memiliki inisiatif.

Share Kepemimpinan Lewat “Setoran”
Seseorang yang memiliki jiwa kepemimpinan sejati harus lebih banyak memberikan setoran daripada menerima setoran dari orang lain. Share setoran bisa dilakukan dengan cara kita membantu orang lain yang sedang membutuhkan bantuan dan uluran tangan kita, memenuhi janji kepada orang yang telah membuat janji dengan kita, meminta maaf apabila kita memiliki kesalahan kepada orang lain baik yang kita sengaja maupun kita tidak sengaja dan yang kita lupa, mengucapkan banyak terima kasih kepada orang lain yang telah membantu kita dalam hal sekecil apapun, mendengarkan orang lain dengan penuh empati, memberikan dan meminjamkan sesuatu kepada orang lain yang membutuhkan.

Share Kepemimpinan Lewat Kompetensi
Akan lebih mudah menularkan jiwa kepemimpinan kita kepada orang lain apabila kita mempunyai potensi yang menonjol. Seperti perkataan salah satu dosen berpengaruh di SEBI bahwa, “ambilah sedikit ilmu dari yang banyak itu, dan ambilah sebanyak-banyaknya ilmu dari yang sedikit itu”. Maksudnya, bahwa kita harus mengambil semua ilmu yang sudah Allah turunkan untuk kita, baik itu ilmu menghitung, ilmu alam, ilmu sosial, teknologi, kedokteran, dll. walau hanya sedikit ilmu yang  kita dapat, dan ambilah ilmu sebanyak-banyaknya dari yang sedikit itu maksudnya kita harus mempunyai spesifikasi dalam satu bidang yang menonjol dalam diri kita yang akan kita gunakan untuk kebermanfaatan orang banyak, misalnya kita menonjol di bidang ekonomi atau di dalam hal leadership keorganisasian, maka itulah ilmu yang bermanfaat dan siap kita tebarkan di masyarakat.
Apabila kita memiliki kompetensi yang baik maka kita harus bisa mengembangkan potensi atau bakat kita dengan cara pendidikan yang baik, membaca buku ilmu pengetahuan dan bacaan yang bermanfaat lainnya, lalu menulis sesuatu yang bermanfaat dan dapat meningkatkan kompetensi kita dalam hal menulis itu. Dalam mengembangkan potensi itu kita harus menyediakan waktu lebih lama dalam mengembangkan potensi dan bakat kita dan tentu harus tekun dalam meraih potensi dan bakat kita itu agar potensi kita semakin baik dan siap untuk di share kepada masyarakat.

“Kamu adalah umat yang terbaik yang dilahirkan untuk manusia, menyuruh kepada yang ma’ruf, dan mencegah dari yang mungkar, dan beriman kepada Allah. ”(QS. Ali Imran : 110).

Share Kepemimpinan Lewat Penjelasan Kita
Dalam menjelaskan suatu hal kepada orang lain (dalam rangka share kebaikan) maka kita harus mampu menjelaskan itu semua dengan penjelasan yang dimengerti oleh semua kalangan (tua, muda, dewasa maupun anak-anak) dengan bahasa yang mereka mengerti pula. Contohnya apabila kita menjelaskan sesuatu kepada anak-anak maka kita harus punya kuncinya dalam mengambil perhatian mereka, entah dengan cara bermain, berdongeng, games, dll., tetapi tepat sasaran dalam menjelaskan inti yang akan disampaikannya.
Lalu apabila kita berhadapan dengan selain anak-anak pun kita harus fokus terhadap apa yang akan kita jelaskan, lalu harus mudah dipahami, dilengkapi dengan ekspresi yang sesuai dan tidak berlebihan agar dapat mengambil perhatian mereka, kemudian harus agrumentatif dalam memberikan penjelasan kepada mereka, kenapa kita berada ditengah-tengah mereka dan menjelaskan itu semua harus dengan argumentatif yang kuat, dan semuanya harus sistematis tentunya agar sejalan dengan rencana awal dalam niatan kita berbagi kebaikan kepada orang lain.

Share Kepemimpinan Lewat Penampilan Kita
Sangat erat sekali kaitannya antara kepemimpinan dan penampilan, apabila penampilan kita baik, maka pastilah kepemimpinan kita pun ikut terjaga kebaikannya, karena penampilan kita adalah cerminan dari diri kita bukan? Maka dari itu dalam menularkan jiwa kepemimpinan kepada orang lain, maka penampilan perlu diperhatikan juga. Penampilan yang harus diperhatikan diantaranya apa yang kita kenakan tentulah harus rapih dan bersih, memperhatikan keserasian model, keserasian warna, kesarasian asesoris dan keserasian suasana.

Share Kepemimpinan Lewat Media Jejaring Sosial
Jika sebelumnya share kepemimpinan hanya lewat face to face dalam lingkungan diskusi kelompok, kampus, pengajian, dll. Kini seiring dengan semakin berkembangnya teknologi, share kepemimpinan bisa ditularkan lewat jejaring sosial. Karena mau tidak mau kita harus ikut dalam arus teknologi yang semakin hari semakin canggih, jangan sampai kita tertinggal dengan mereka, karena mereka (teknologi) secara tidak langsung memiliki kunci tersendiri dalam penyebaran informasi baik yang bermanfaat maupun yang tidak bermanfaat.
Maka dari itu dengan menguasai teknologi khususnya media jejaring sosial maka kita akan menggenggam mereka dan menarik mereka agar bisa bergabung dengan kita dalam hal yang bermanfaat tentunya. Salah satu media jejaring sosial yang sudah dikenal dan mengakar di masyarakat diantaranya jejaring sosial Facebook dan Twitter. Kita bisa memaksimalkan penggunaannya untuk berbagi kebaikan dengan gaya yang lebih santai dan bersahabat, jangan sebaliknya yang justru melalaikan kita.

Entri Populer

Jago Desain Creative Design And Branding
About Us
Powered by Blogger.

Sidebar Ads

x
- WHO AM I ? - Lorem ipsum dolor sit amet, consectetur adipisicing elit, sed do eiusmod tempor incididunt ut labore et dolore magna aliqua. Ut enim ad minim veniam, WANT TO KNOW MORE ABOUT ME ?SCROLL DOWN
A LOREM IPSUM DOLOR
Lorem ipsum dolor sit amet, consectetur adipisicing elit, sed do eiusmod tempor incididunt ut labore et dolore magna aliqua. Ut enim ad minim veniam, quis nostrud exercitation ullamco laboris nisi ut aliquip ex ea commodo consequat.
The Story of MeI already know the world of graphic design since 2012 and has studied since the beginning of 2013, when it was first introduced graphic design I am very happy and excited to learn I feel this is where my passion. It is very difficult for me to learn graphic design because I am a autodidact not there are teachers who guide and teach me, though only armed with science and tutorials of other graphic designers on the internet I can attest that the quality of my design is same as the graphic designer who studied in college, although unsuccessful I will continue to try and try again.Download My Resume PDF
- SPECIALIST SERVICE - Graphic DesignPrint DesignPackaging DesignLabeling DesignLayout DesignTypographicInfographicVector DesignPoster DesignWeb DesignShirt Designlogo & Stationery DesignID Card DesignInvitation Design
- My Skills -
HTML/CSS
Jquery/PHP
Photoshop
CorelDRAW
Illustrator