Ditulis oleh :
"Masa muda penuh cerita, tempat mimpi dan harap
tetaplah berkarya dan peduli sesama.

Selagi hari masih berganti, berbenah hati dan diri
tumbuhlah kau jadi pemuda Rabbani.

Masa muda penuh prahara, ubah jiwa yang terpana
rayuan sang dunia kan membuatmu lupa. 

Bukalah mata hatimu, dengarkanlah bisikan kalbu
Jadikan kisah lalumu untaian hikmah yang menguatkan tekadmu.

Tegar hadapi semua yang terjadi,
jangan hentikan langkahmu disini
Tegar bersabar jalan masih panjang,
jadi pemuda Rabbani" 

***
Baris-baris syair yang mencoba bercerita liku perjalanan masa muda. Setiap pembaca tentunya mengharapkan akhir cerita yang indah dan berkesan, diawali dengan masa peralihan, masa perubahan dan masa pendewasaan yang harus bumbui oleh perjuangan.

"Bukalah mata hatimu, dengarkanlah bisikan kalbu
Jadikan kisah lalumu untaian hikmah yang menguatkan tekadmu."

Setiap kita memiliki kisah silam yang kadang membuat tawa, bangga bahkan sampai memicingkan mata. Membuka kembali memori masa lalu memang gampang-gampang susah. Gampang saat mengenang masa-masa yang paling "ter", terbaik/terindah atau tersulit/ terpahit. Dan susah,  meskipun kerut di dahi sudah berlipat namun ingatan masih belum juga nampak, maka waspadalah! berarti penyakit lupa sudah menghinggapi anda hhaa.

Artinya, layaknya seorang guru kepada muridnya, maka murid yang paling mudah untuk dikenal/diingat biasanya murid yang prestasinya top atau juga murid yang paling nakal dikelas. 

Disini, kita tidak akan mambahas bagaimana sepak terjang kita di masa lalu, karena selain berbeda-beda dan bermacam-macam rasa, juga mempunyai nilai jiwa yang khas di hati masing-masing. Namun, penulis ingin mengakatan bahwa itulah yang menjadi modal awal kita untuk mulai terhenyak dan beranjak bagaimana menata ulang langkah nyata kedepan.

Rangkaian kalimat diatas berusaha berbicara tentang urgensi sebuah sinergi yang mempertemukan antara "kisah masa lalu" dengan "langkah di masa depan", yang ingin coba penulis ringkas menjadi sebuah kata yaitu "urgensi muhasabah" atau pentingnya evaluasi diri.

"Tegar hadapi semua yang terjadi,jangan hentikan langkahmu disini
Tegar bersabar jalan masih panjang, jadi pemuda Rabbani"

Uniknya, mereka yang masuk pada kategori pemenang bukanlah pribadi-pribadi yang selalu mudah dalam melangkahi kesulitan, akan tetapi, merekalah yang selalu merasa berat saat mengayuh roda-roda kesulitan, tapi bisa!! Mudah dalam mengatasi kesulitan adalah karunia yang luar biasa, akan tetapi kondisi sulit/berat dalam mengatasi kesulitan adalah tawaran yang lebih luar biasa, karena didepan sana Allah telah siapkan nilai yang lebih besar menunggu.

Kesulitan dalam perubahan tidak selalu berwujud monster besar dan jahat hha, tetapi juga berupa lingkungan yang tidak mendukung langkah diri untuk mengikuti arus kebaikan. Untuk itu pembinaan diri sedari dini adalah urgensi bagi para penerus generasi negeri ini. Namun lingkungan steril bukanlah tempat abadi untuk kita bersemayam, karena realita kehidupan berbicara lain. Layaknya air susu pada ternak yang mengalir jernih diantara kotoran dan darah.

Tidak terikat oleh berapapun usia kita, dan apapun profesi yang digeluti tidak menjadi syarat administrasi untuk membentuk pribadi yang Rabbani. Beragam definisi Rabbani tercatat dalam khazanah ilmu yang luas, namun yang dimaksud penulis disini adalah sifat yang menempati koridor dan jalur yang Allah ridhai.

Terakhir, penulis dengan segala kekurangan dari gado-gado tulisan ini tak bermaksud menggurui namun berusaha berbagi khususnya teruntuk kaum muda, generasi pembaharu, yang sudah sepantansnya harapan dan do'a-do'a kita terucap saat menjumpainya, baik mereka yang masih balita, remaja, dewasa, berprestasi, berleha-leha, bergeng-geng, mencari jati diri, positif maupun negatif. 

"Jadilah harapan negeri".

Asep Ardi Winardi
@Asepardiwinardi
Note : Untuk Sahabat yang ingin berbagi tulisannya, silahkan kirimkan dengan mention terlebih dahulu di @BangNadash

Entri Populer

Jago Desain Creative Design And Branding
About Us
Powered by Blogger.

Sidebar Ads

x
- WHO AM I ? - Lorem ipsum dolor sit amet, consectetur adipisicing elit, sed do eiusmod tempor incididunt ut labore et dolore magna aliqua. Ut enim ad minim veniam, WANT TO KNOW MORE ABOUT ME ?SCROLL DOWN
A LOREM IPSUM DOLOR
Lorem ipsum dolor sit amet, consectetur adipisicing elit, sed do eiusmod tempor incididunt ut labore et dolore magna aliqua. Ut enim ad minim veniam, quis nostrud exercitation ullamco laboris nisi ut aliquip ex ea commodo consequat.
The Story of MeI already know the world of graphic design since 2012 and has studied since the beginning of 2013, when it was first introduced graphic design I am very happy and excited to learn I feel this is where my passion. It is very difficult for me to learn graphic design because I am a autodidact not there are teachers who guide and teach me, though only armed with science and tutorials of other graphic designers on the internet I can attest that the quality of my design is same as the graphic designer who studied in college, although unsuccessful I will continue to try and try again.Download My Resume PDF
- SPECIALIST SERVICE - Graphic DesignPrint DesignPackaging DesignLabeling DesignLayout DesignTypographicInfographicVector DesignPoster DesignWeb DesignShirt Designlogo & Stationery DesignID Card DesignInvitation Design
- My Skills -
HTML/CSS
Jquery/PHP
Photoshop
CorelDRAW
Illustrator