Ditulis oleh :

Ketika dulu duduk di bangku sekolah dasar, Ibu atau bapak guru sering bertanya "mau jadi apa jika sudah besar?". Sontak semua siswa angkat tangan, ada yang bilang jadi guru, jadi ustadz, jadi pilot, dan jadi dokter. Hal ini menunjukan intuisi sebagai seorang pemimpi sudah terbentuk sejak kecil dengan natural.

Menginjak sekolah menengah pertama, guru pun bertanya "apa cita-cita kalian?". Ternyata tidak sedikit ditemukan, cita-cita yang disebutkan berbeda dengan yang pernah diungkapkan ketika duduk dibangku sekolah dasar. Awalnya ingin jadi guru, berubah haluan bercita menjadi seorang pemain bola. Anda pernah mengalaminya? hee

Menginjak sekolah menengah atas pun demikian, seolah waktu merubah semua pola berfikir, lingkungan memberikan bisikan yang berbeda disetiap pengaruh sosialnya. Semua menjadi tidak jelas dan samar. Hal ini pula yang disebutkan oleh banyak pengamat sebagai time of transition, masa dimana sebagai moment transisi dikalangan muda. Semua menjadi masa penemuan jati diri.

Maka wajar sebahagiaan pengamat mengatakan masa pemuda hingga usia 20 perlu diberikan perhatian lebih. Karena pada masa itu adalah masa yang paling rawan atas pengaruh dunia sosial dan lingkungan pergaulan.

Masuk pada masa universitas, sebahagiaan kalangan muda mulai membuka pikirannya lebih luas dan lebih kedepan. Namun tidak sedikit pula yang masih senakmu dewek, yang penting hidup terjamin dan bisa makan enak.

Pertanyaannya, "mau jadi apa anda dimasa depan?"

Setiap kali saya membina kalangan muda, pertanyaan pertama yang sering saya katakan adalah "kalian mau jadi apa?". Benar! karena masa depan dan prinsip hidup bermula dari pertanyaan tersebut.

Sekarang saya tanya kepada sahabat pembaca, "mau jadi apa anda kelak?"

jika anda masih bingung, artinya anda masih terjebak dengan masa transisi. Masa dimana anda bisa terjebak selamanya atau masa tersebut dapat menjadi titik perubahan besar anda dimasa depan.

Pernah mengikuti training MHMMD? Sebetulnya saya juga belum pernah, hanya pernah membaca buku dan mendengar cerita dari rekan yang ada disana. Semoga tidak salah. hee
Biasanya training ini lebih menekankan pada maping life. benar?

kenapa maping life? karena dari titik itu lah hidup kita direncanakan sehingga visi dan cita-cita hidup dapat diprediksikan dan diarahkan.

secara sederhana, ada tiga hal mendasar yang perlu dipersiapkan.
"Mau jadi apa anda dimasa depan?"
"Mau dikenal sebagai siapa anda dimasa depan?"
"Bagaimana anda meninggal dan dikenal sebagai orang yang bagaimana?"

Setelah tiga hal itu terjawab, selanjutnya take action dengan membuat maping life menuju ketiga hal itu, dan mulailah melukis lukisan anda sendiri hingga lukisannya utuh.

sedikit cerita, Tahun 2011 pun saya pernah membuat hal tersebut juga (red : maping life), dan lambat laun semua menjadi terinternalisasi dalam ruang bawah sadar. Saya mencoba menyusun setiap bagian dalam lukisan hidup saya. Satu demi satu bagian dari itupun tercapai, dan semoga dimasa depan semua menjadi lengkap. aamiin :)

Sebetulnya tidak hanya tiga itu, anda bisa menambahkannya. Saya hanya ingin mengajak, mari kita persiapkan diri kita sejak saat ini untuk cita-cita besar sepenggal firdaus di singgasana peradaban dunia masa depan. 

langkah kongkritnya, bisa diawali dengan membuat daftar cita-cita di buku atau di karton besar, keterangan, waktunya, dan gambarnya sekalian. selanjutnya tempel di dinding. Maka, Setiap bangun dan berdiri menghadap tembok, selalu akan teringatkan. Bahwa mimpi anda tinggal selangkah dan sangat dekat.

Mari kita berdoa, semoga dari goresan dikertas tersebut merambatkan doa dan kekuatan yang menggiring alam menjadi sekutu dalam mewujudkannya.

Mari mulai menggambarkan masa depan :) . wallahua'lam 

Entri Populer

Jago Desain Creative Design And Branding
About Us
Powered by Blogger.

Sidebar Ads

x
- WHO AM I ? - Lorem ipsum dolor sit amet, consectetur adipisicing elit, sed do eiusmod tempor incididunt ut labore et dolore magna aliqua. Ut enim ad minim veniam, WANT TO KNOW MORE ABOUT ME ?SCROLL DOWN
A LOREM IPSUM DOLOR
Lorem ipsum dolor sit amet, consectetur adipisicing elit, sed do eiusmod tempor incididunt ut labore et dolore magna aliqua. Ut enim ad minim veniam, quis nostrud exercitation ullamco laboris nisi ut aliquip ex ea commodo consequat.
The Story of MeI already know the world of graphic design since 2012 and has studied since the beginning of 2013, when it was first introduced graphic design I am very happy and excited to learn I feel this is where my passion. It is very difficult for me to learn graphic design because I am a autodidact not there are teachers who guide and teach me, though only armed with science and tutorials of other graphic designers on the internet I can attest that the quality of my design is same as the graphic designer who studied in college, although unsuccessful I will continue to try and try again.Download My Resume PDF
- SPECIALIST SERVICE - Graphic DesignPrint DesignPackaging DesignLabeling DesignLayout DesignTypographicInfographicVector DesignPoster DesignWeb DesignShirt Designlogo & Stationery DesignID Card DesignInvitation Design
- My Skills -
HTML/CSS
Jquery/PHP
Photoshop
CorelDRAW
Illustrator