Ditulis oleh :

“Kesulitan yang kita dapatkan, adalah bukti bahwa Allah selalu membersamai dan ia ingin melihat usaha kita lebih baik lagi” –Bang Nadash-

Dalam aktifitas ekonomi, kita mengenal istilah produksi, konsumsi dan distribusi. Dimana produksi, merupakan aktifitas menghasilkan atau menciptakan. Konsumsi, merupakan proses menggunakan atau memakai. Sedangkan distribusi, merupakan aktifitas menyebarluaskan atau menyampaikan.

Dari ketiga proses diatas, pada umumnya dua hal yang sering kita dapati memiliki proses yang cukup rumit, yakni produksi dan distribusi. Misalkan, kita menemukan ada pengusaha yang pandai memproduksi, namun kesulitan dalam hal distribusi. Sebagian pandai mendistribusi, namun kesulitan dalam hal produksi. Namun tidak sedikit yang mampu produksi-distribusi dengan baik, selama ia mau belajar dan mencoba.

Namun kali ini saya tidak membahas produksi-distribusi pada tema ekonomi. Saya ingin coba mengangkat dan menghubungkan proses distribusi ini dengan tema kebaikan, saya berikan judul distributor kebaikan. Seperti apakah seseorang dapat dikatakan sebagai distributor kebaikan? Lalu keuntungan apa yang akan didapatkan ketika terlibat didalam kegiatan tersebut (red ; distributor kebaikan).

Saya yakin, anda yang membaca artikel ini pernah atau mungkin saat ini sedang terlibat dalam mendistribusikan sebuah produk. Mudah atau sulit? Ketika kita menjadikan niat usaha karena Allah, maka bagaimanapun kondisinya, ia terasa lapang. Laku, ia lapang dan tak laku pun, ia lapang. Coba anda perhatikan, kebanyakan orang melakukan usaha, tujuannya adalah sekedar uang. Ketika jualannya tidak laku, ia mengeluh. Ketika ia tidak mendapatkan uang, ia lemas. Wajar, karena niatnya sudah membelok. Yuk, yang sekarang lagi usaha, niatkan semua karena Allah.

Seperti apa niat karena Allah itu? Bisa tergambar dari cara ia menyikapi prosesnya dan mindsetnya. Prosesnya ia nikmati dan penuh kesabaran. Ketika laku, ia bersyukur, dan ketika belum laku, ia bersabar.

Dari sisi mindset, maka jadikanlah sebuah proses distribusi atau penjualan sebagai sebuah proses kebaikan. Anda berjualan herbal, mindsetnya anda ingin menolong orang lain untuk sehat. Anda berjualan pakaian, mindsetnya anda ingin menolong orang lain untuk mendapatkan pakaian yang layak dan menutupi seluruh auratnya. Anda berjualan jam, mindsetnya anda ingin menolong orang lain supaya mengingat dan tepat waktu. Apapun jenis usahanya, anda rubah mindsetnya sebagai proses kebaikan, yakni menolong. Sehingga semua bukan sekedar selling, namun lebih utamanya adalah helping.
***
Kembali kepada topik distributor kebaikan dan suplier, Ketika performa anda baik atau kuantitas yang anda distribusikan besar, bagaimana respon suplier kepada anda? Jelas senang bermitra dengan anda,benar? Bahkan ketika anda sudah bermitra lama dengan performa yang baik, suplier tidak segan-segan untuk memberikan dengan mudah produknya untuk dijualkan, begitu saja.

Lalu siapakah suplier kita dalam distribusi kebaikan? Benar, Allah Subhanahu Wata’ala. Anda bayangkan, bagaimana Allah akan menurunkan keberkahan, rahmat, kebaikan dan kemudahan kepada seseorang yang ia senantiasa berusaha untuk mendistribusikan kebaikan kepada umat manusia? Bukan hanya kepercayaan dari sesama, namun utamanya adalah kepercayaan dari Allah swt.

Sehingga ada dua variable dalam menyambut kepercayaan suplier. Pertama, Lamanya bermitra. Kedua, kuantitas yang didistribusikan. Apabila kita merasa kesulitan masih membayang - bayangi, pertama boleh jadi kita masih terlalu dini bermitra dengan Allah untuk meminta lebih cepat, sehingga Allah ingin melihat usaha kita jauh lebih lama. Kedua, boleh jadi kebaikan yang kita distribusikan masih terlalu sedikit, sehingga Allah ingin melihat kita lebih semangat mendistribusikan kebaikan lebih banyak.

Mari meluruskan niat, merubah mindset, dan berusaha lebih semangat dalam setiap aktifitas kita. Bagaimana rasanya ketika anda mendapati kepercayaan dari sesama (masyarakat)? Lalu bagaimana rasanya ketika Allah yang menciptakan kita menganugrahkan kepercayaannya kepada kita? Wallahu’alam

Entri Populer

Jago Desain Creative Design And Branding
About Us
Powered by Blogger.

Sidebar Ads

x
- WHO AM I ? - Lorem ipsum dolor sit amet, consectetur adipisicing elit, sed do eiusmod tempor incididunt ut labore et dolore magna aliqua. Ut enim ad minim veniam, WANT TO KNOW MORE ABOUT ME ?SCROLL DOWN
A LOREM IPSUM DOLOR
Lorem ipsum dolor sit amet, consectetur adipisicing elit, sed do eiusmod tempor incididunt ut labore et dolore magna aliqua. Ut enim ad minim veniam, quis nostrud exercitation ullamco laboris nisi ut aliquip ex ea commodo consequat.
The Story of MeI already know the world of graphic design since 2012 and has studied since the beginning of 2013, when it was first introduced graphic design I am very happy and excited to learn I feel this is where my passion. It is very difficult for me to learn graphic design because I am a autodidact not there are teachers who guide and teach me, though only armed with science and tutorials of other graphic designers on the internet I can attest that the quality of my design is same as the graphic designer who studied in college, although unsuccessful I will continue to try and try again.Download My Resume PDF
- SPECIALIST SERVICE - Graphic DesignPrint DesignPackaging DesignLabeling DesignLayout DesignTypographicInfographicVector DesignPoster DesignWeb DesignShirt Designlogo & Stationery DesignID Card DesignInvitation Design
- My Skills -
HTML/CSS
Jquery/PHP
Photoshop
CorelDRAW
Illustrator